Goodhope Holdings Komitmen Terapkan Perkebunan Ramah Lingkungan?

SERUYAN – Goodhope Holdings yang membawahi sejumlah Perusahaan Besar Swasta Kelapa Sawit (PBS KS) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan, PT Agro Indomas, PT Agro Bukit dan PT Agro Wana Lestari,  berkomitmen menerapkan perkebunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan tidak melakukan deforestasi dalam area yang memiliki nilai tinggi, tidak melakukan penanaman baru di area gambut serta tidak melakukan perambahan area yang bernilai karbon stok tinggi serta atau No Deforestation, No Peat and No Exploitation (NDPE).

Komitmen NDPE  akan menjadi kebijakan perusahaan dengan para mitra kerjanya guna menghindari segala bentuk eksploitasi negatif terhadap pekerja dan masyarakat secara keseluruhan dalam aktifitas operasionalnya, sangatlah penting. Karena itu dibutuhkan komitmen, kesadaran dan keterlibatan semua pihak untuk melakukannya.

Dalam kebijakan, ada dua tanggung jawab yang harus  dilaksanakan perusahaan maupun pihak ketiga yakni supplier, kontraktor, dan pemasok yang bekerjasama. Tanggung jawab tersebut antara lain tanggung jawab terhadap lingkungan dan tanggung jawab sosial.

“Sosialisasi ini sebagai keberlanjutan perusahaan dalam melaksanakan kebijakan NDPE untuk melindungi hutan, lahan gambut, dan hak- hak masyarakat,” demikian dikemukakan Director Sustainability PT Agro Harapan Lestari-Goodhope, Edi Suhardi, saat acara sosialisasi NDPE di Aquarius Hotel, Selasa (27/2) kemarin. Acara ini juga dihadiri belasan raksasa Perusahaan Besar Swasta Kelapa Sawit (PBS KS) di Kabupaten Seruyan dan Kotim, pejabat di Pemkab Seruyan dan Kotim, camat, stakeholder juga kalangan jurnalis dari dua kabupaten tetangga tersebut.

Panitia dari Goodhope Company menghadirkan pemateri dari Ditjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Ketuhatan (KLHK) Franky Zamzani, dan Direktur NDPE and Certification Manajer Goodhope, Wim Yudianto.

Dia menjelaskan, tekanan dan tuntutan yang begitu deras terhadap industri kelapa sawit saat ini untuk melakukan kegiatan operasi yang berkelanjutan terkait lingkungan dan sosial merupakan tantangan, dan harus ditanggapi dengan upaya-upaya positif dalam menciptakan kegiatan operasional usaha yang berkelanjutan.

Goodhope dengan seluruh unit perusahaannya yang berada dan beroperasi di Kalimantan Tengah (Kalteng) meliputi, PT Agro Indomas, PT Agro Bukit dan PT Agro Wana Lestari sejak Tanggal 5 Mei 2017 yang lalu telah meluncurkan Goodhope Sustainability Policy. Salah satu bagian dari kebijakan tersebut adalah komitmen berkelanjutan dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menghindari segala bentuk ekploitasi negatif dengan berupaya memberikan praktek-praktek operasional terbaiknya. Komitmen tersebut dipadukan dalam suatu kebijakan NDPE Policy.

“Para pihak pemangku kepentingan meliputi Pemda, pembeli, bank, pemasok, rekan media serta seluruh masyarakat sangat diharapkan dapat senantiasa berkontribusi dalam mendukung pelaksanaan komitmen ini,” ujarnya. (KI-02)