Connect with us

Peristiwa

8 Tersangka Pelaku Karhutla di Amankan Polres

KAPOLRES Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting didampingi oleh Kabag Ops AKP Wahyu Edi Priyanto dan Kasat Reskrim IptuWahyu S. Budiharjo menggelar konferensi pers di Lobby Mapolres Seruyan, Selasa [10/9/2019]. Foto | Kalteng Independen

KUALA PEMBUANG – Kepolisian Resor [Polres] Seruyan Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah [Kalteng] mengamankan delapan tersangka pembakar hutan dan lahan yang berasal dari sejumlah wilayah di Kabupaten Seruyan.

Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting didampingi oleh Kabag Ops AKP Wahyu Edi Priyanto, S.H dan Kasat Reskrim IptuWahyu S. Budiharjo menggelar konferensi pers di Lobby Mapolres Seruyan, Selasa [10/9/2019].

Kapolres menjelaskan, hampir keseluruhan motif para tersangka adalah membuka hutan atau lahan untuk pertanian baik itu milik sendiri atau sewa, seluruh tersangka tertangkap tangan berada di lokasi kebakaran dengan barang bukti korek api maupun parang.

“Dan untuk kasus yang terakhir kebakaran meluas ke lahan milik orang lain sehingga lahan yang terbakar lebih kurang 10 Ha,” ujarnya.

Dia menjelaskan, penangkapan tersangka yang pertama ada dua tersangka diamankan pada tanggal 12 Agustus 2019, kemudian dua tersangka lagi diamankan tanggal 24 Agustus 2019, tiga tersangka di tanggal 17 Agustus 2019 dan tadi malam satu tersangka.

Adapun tersangka yang dimaksud masing-masing berinisial ZA (32), S (38), M (47), W (46), N (46), NK (41), ES (34) dan AH (46).

 “Setelah dilakukan pemeriksaan disertai alat bukti yang cukup, sesuai ketentuan yang berlaku tersangka dugaan tindak pidana kebakaran hutan dan lahan dikenakan sanksi sesuai pasal 25 ayat 1 Jo Pasal 2 Ayat 1 Peraturan Daerah Kalimantan Tengah Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka hutan atau lahan dengan cara dibakar, karena berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Tim KI/KI-02

Tinggalkan Komentar

More in Peristiwa