Connect with us

Seruyan

Bupati Seruyan Pimpin Rapat Dengan Para Tokoh, Bahas Percepatan Pembentukan Provinsi Kotawaringin

BUPATI SERUYAN Yulhaidir, Wabup Hj Iswanti, Sekda Haryono dan DPRD Arrahman, saat rapat percepatan pembentukan Provinsi Kotawaringin di Aula Kantor Bupati Seruyan, Selasa (11/6/2019). Foto | Istimewa/Kalteng Independen

KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan Yulhaidir, Wakil Bupati Hj Iswanti, Sekretaris Daerah (Sekda) Haryono dan DPRD Kabupaten Seruyan memimpin rapat percepatan rencana pembentukan Provinsi Kotawaringin dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pemuda, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), pimpinan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dilingkup Pemkab Seruyan, sejumlah perwakilan Partai Politik (Parpol).

Puluhan perwakilan tokoh dari sejumlah kecamatan juga tampak antusias mengikuti rapat percepatan pembentukan Provinsi Kotawaringin yang berlangsung terbatas di Aula Kantor Bupati Seruyan, Selasa (11/6/2019).

Bupati Seruyan Yulhaidir menyatakan, rencana pembentukan Provinsi Kotawaringin telah didukung penuh oleh seluruh elemen masyarakat dan Bupati di lima kabupaten yakni, Kabupaten Seruyan, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara. Begitu juga dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah yang juga menyatakan dukungannya terhadap aspirasi masyarakat di lima kabupaten tersebut.

Dari dokumen surat pernyataan dukungan warga Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau karena berdasarkan kesepakatan sebelumnya, Kecamatan Hanau merupakan rencana penempatan Ibukota Provinsi Kotawaringin nantinya, lahan telah disiapkan seluas 1.758 hektar, yang juga dilengkapi dengan surat pernyataan hibah dari warga.

“Lima Bupati juga telah sepakat untuk menjadikan pemekaran Provinsi Kotawaringin,” ujar Yulhaidir yang juga ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Seruyan tersebut.

PULUHAN Tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, dari sejumlah kecamatan tampak mengikuti rapat rencana percepatan pemekaran Provinsi Kotawaringin di Aula Kantor Bupati Seruyan, Selasa (11/6/2019). Foto | Kalteng Independen

Sementara, tokoh masyarakat Argiansyah yang juga Bendahara Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kotawaringin (BP3K) mengemukakan, saat ini masih ada beberapa dokumen yang mesti diselesaikan terlebih dahulu sebelum usulan masuk ke Pemerintah Pusat, salah satunya adalah mengantongi persetujuan DPRD Provinsi Kalteng.

“Kalau ditingkat Kabupaten semuanya sudah, tinggal di provinsi,” ujar Argiansyah.

Bersamaan dengan acara tersebut, Bupati Yulhaidir juga memimpin revisi kepengurusan terhadap Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kotawaringin Kabupaten Seruyan.Tim KI/KI-02

Tinggalkan Komentar

More in Seruyan