Connect with us

Palangka Raya

Jamaah Haji Kalteng Doakan Kabut Asap Cepat Berlalu

Heru Hidayat dan jamaah haji asal Kalteng di Arab Saudi. Foto | Istimewa/Kalteng Independen

PALANGKA RAYA –Musim haji tahun 2019 ini bertepatan dengan fenomena kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng). Sehubungan dengan kondisi demikian, para jamaah haji asal Bumi Tambun Bungai diimbau mendoakan agar bencana kabut asap di daerah ini cepat berlalu.

“Selain berdoa untuk kebaikan keluarga dan saudara masing-masing, kita mengimbau seluruh jamaah haji asal Kalteng turut mendoakan agar kebakaran lahan dan hutan di daerah asal kita dapat segera teratasi,” ujar tokoh pemuda Kalteng Heru Hidayat yang juga melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi.

Dihubungi via telepon selular, Sabtu (3/8/2019) malam, Heru menyebut situasi kabut asap akibat karhutla di wilayah Kalteng sudah sangat mengkhawatirkan, terutama dampaknya bagi kesehatan masyarakat.

Untuk mengatasi hal itu, lanjut Heru, diperlukan ikhtiar dan doa bersama, termasuk bagi jamaah haji asal daerah ini.

“Saat ini bangsa kita dihadapkan pada berbagai potensi musibah dan bencana, termasuk kebakaran hutan dan lahan akibat ulat pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Dampak negatifnya bagi kesehatan dirasakan masyarakat luas,” terang Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalteng tersebut.

Dia melanjutkan, “mumpung” para jamaah tengah menjalankan ibadah haji di Tanah Suci ini, seyogianya mendoakan agar masyarakat di daerah bersama elemen terkait dimudahkan dalam penanganan karhutla, serta kabut asap yang terjadi hingga kini bisa diminimalisir.

Terkait dengan pelaaksanaan ibadah haji sendiri, Heru menginformasikan bahwa kondisi jamaah haji, khususnya asal Kalteng cukup baik dan dapat menjalankan rangkaian kewajiban kelima kaum muslimin tersebut dengan baik.

Saat ini, ujar Heru, para jamaah sebagian besar sudah berada di Makkah dan bersiap melaksanakan puncak ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah, serta ritual ibadah haji lainnya di Muzdalifah dan Mina.

“Kita juga mengimbau agar para jamaah haji, khususnya dari Kalteng untuk menjaga kondisi dengan menerapkan pola hidup sehat, sehingga seluruh rangkaian ibadah ini bisa diselesaikan dengan lancar agar mendapat haji yang mabrur,” ujar mantan anggota DPRD Kalteng ini. Sar/KI-06

Tinggalkan Komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Palangka Raya