Connect with us

Politik

Kaban Kesbangpol Ingatkan Kesiapan Pemilu Serentak 2019 Ke PPK Se Kabupaten Seruyan

KEPALA BADAN Kesbangpol Seruyan, Harta Sima. Foto | Istimewa/Kalteng Independen

KUALA PEMBUANG – Penyelenggara Pemilu 2019 memiliki tantangan dalam mengakomodir hak pilih masyarakat, terutama wilayah pedalaman, warga binaan di  Lembaga Pemasyarakatan (LP) dan penduduk dengan mobilitas tinggi karena alasan pekerjaan terutama di wilayah perkebunan dan pertambangan serta banyaknya calon dan juga kertas surat suara yang harus di coblos pada saat hari pemungutan suara dikhawatirkan akan menimbulkan kebingungan dari pemilih.

Demikian dikatakan, Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Seruyan Hartasima saat acara rapat koordinasi Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kabupaten Seruyan dengan Panitia Pemilihan Kecamatan yang dihadiri seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berasal dari 10 kecamatan Se Kabupaten Seruyan, di Gedung Serbaguna Kuala Pembuang Kecamatan Seruyan Hilir,  Jumat (22/3/2019).

Harta Sima mengingatkan, agar semua panitia pemilihan yang ada di kecamatan harus memahami dan mempunyai data yang lengkap dan valid terkait penyelenggaraan Pemilu dan proses tahapan Pemilu, mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pleno perhitungan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga pleno tingkat Kabupaten.

Kepada seluruh peserta Hartasima berpesan, agar panitia waspada terhadap gejolak yang bisa muncul kapan saja dimasyarakat yang dapat menggangu dan mengacaukan jalanya pemilu seperti permasalahan konflik bernuansa suku, agama, ras dan antar golongan.

Selain itu katanya, yang tidak kalah pentingnya yang perlu diwaspadai adalah isu terorisme dan radikalisme agama,  kerawanan sosial serta turut mengawasi keberadaan ormas dan orang asing.

“Diharapkan masing-masing pihak terkait dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 hendaknya saling berkoordinasi dan bersinkronisasi guna mewujudkan Pemilu 2019 yang berkualitas,” katanya mengakhiri. Fen/KI-01

Tinggalkan Komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik