Connect with us

Pendidikan

Kesbangpol Sosialisasikan Pengembangan Wawasan Kebangsaan Yang Berkarakter Pancasila

PESERTA Sosialisasi Pengembangan Wawasan Kebangsaan yang Berkarakter Pancasila yang digelar oleh Pemkab Seruyan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Seruyan, Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. Foto | Istimewa/Kalteng Independen

KUALA PEMBUANG – Terbangunnya komitmen yang  tinggi di wilayah Kabupaten Seruyan, dalam menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan menghindari perselisihan baik mengenai Ras, Suku dan Etnis sehingga terbentuknya keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati dan saling percaya diantara anggota masyarakat.

Memahami lebih dalam arti wawasan kebangsaan, mengetahui aplikasi wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, terjalinnya komunikasi, keharmonisan yang baik di kalangan pelajar dan diantara Masyarakat.

Sebagai sebuah referensi sehingga pelajar dan masyarakat memahami betapa pentingnya wawasan kebangsaan dalam suatu daerah baik Tingkat Kabupaten, Kecamatan Kelurahan dan Desa.

wawasan kebangsaan sebagai antisipasi potensi terjadinya krisis kepercayaan diri.

Demikian disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Seruyan, Harta Sima dihadapan peserta acara Sosialisasi Pengembangan Wawasan Kebangsaan yang Berkarakter Pancasila.

Kegiatan yang menyasar generasi muda, pelajar dan masyarakat, usia 11-24 tahun itu karena di usia produktif dimana wajib memahami ideology falsafah Pancasila diyakini sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia yang sesuai dengan aspirasinya.

“Dengan demikian wawasan nusantara menjadi pedoman bagi upaya mewujudkan kesatuan aspek kehidupan nasional untuk menjamin kesatuan, persatuan dan keutuhan bangsa, serta upaya untuk mewujudkan ketertiban, ketentraman di lingkungan sekitarnya,” katanya.

Harta Sima menambahkan, dengan di pedomaninya pancasila sebagai ideologi bangsa sehingga tumbuh dalam diri para generasi muda rasa cinta tanah air yang di cerminkan dalam kehidupan khibhinekaan cinta intoleransi baik dilingkungan. Sekolah, lingkungan rumah tangga maupun lingkungan masyarakat secara luas.

“Dengan karakter ideologi bangsa pancasila di harapkan kedepan para generasi penerus (terutama generasi pelajar) dapat mengisi pembangunan NKRI dan menggantikan tokoh – tokoh bangsa dengan lebih baik lagi, sehingga dapat terwujudnya masyarakat Indonesia yang maju, adil dan sejahtera. Sebaliknya pemerintah NKRI selalu memperhatikan dan memajukan kepentingan seluruh warganya dengan baik,” ujarnya.

“Ada hal–hal kecil yang dapat kita lakukan demi kebaikan, dengan demikian kita telah mewujudkan rasa kebangsaan bagi Indonesia. Pelajar dapat percaya dengan motivasi diri menjadi orang sukses bagi Negara, maka Indonesia pasti menjadi lebih baik seperti yang kita harapkan. Saat hal ini terjadi maka kalangan pelajar sebagai rakyat Indonesia akan dapat hidup di negeri ini dengan lebih baik dan nyaman.” katanya lagi. Fen/KI-01

Tinggalkan Komentar

More in Pendidikan