Connect with us

Destinasi

Kunjungi Penangkaran Orangutan di Camp Saluang Mas, Akses Infrastruktur Jadi Perhatian Wabup

WAKIL BUPATI Kabupaten Seruyan Hj Iswanti (Jaket jeans biru) bersama Asisten 1 Rusnah, Pengurus DWP Kabupaten Lies Endrawati ketika mengunjungi penangkaran Orangutan di TNTP Hanau, Pembuang Hulu Kecamatan Hanau Kabaupaten Seruyan Kalimantan Tengah, Sabtu (5/1/2019). Foto | Protokol Setda Seruyan

KUALA PEMBUANG – Akses infrastruktur penghubung menjadi perhatian khusus Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah ketika mengunjungi penangkaran Orangutan di Camp Saluang Mas, Pembuang Hulu Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan, Sabtu (5/1/2019) akhir pekan kemarin.

Kawasan reintroduksi (Pelepasliaran dan adaptasi dengan alam) di Camp Saluang Mas diakui Iswanti, memiliki daya tarik untuk terus dikembangkan salah satunya, potensi pariwisata. Pasalnya, Orangutan di Camp Saluang Mas memiliki keunikan tersendiri bagi wisatawan, karena Orangutan diwilayah tersebut benar-benar Orangutan liar yang belum terbiasa beradaptasi dengan manusia seperti di Taman Nasional (TN) lainnya.  

“Kami melakukan pengecekan secara langsung untuk mengetahui apa saja nantinya yang bisa membuat lokasi ini jadi kunjungan wisata. Kami melihat banyak potensi yang nantinya bisa dikembangkan,”katanya.

Hanya saja kata Iswanti, akses infrastruktur dari Pembuang Hulu menuju Camp Saluang Mas perlu ditangani secara lebih serius. Mengingat jarak tempuh menuju lokasi tersebut tidak mudah diakses oleh masyarakat umum.

Saat ini, akses satu-satunya menuju penangkaran Orangutan liar yang dikelola Orangutan Foundation International (OFI) itu hanya bisa ditempuh melewati jalan milik perusahaan perkebunan kelapa sawit.

“Kami akan segera melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait. Kami utamakan untuk segera menggarap masalah jalan itu, dan memang itu yang menjadi keinginan pihak Camp Seluang Mas,” paparnya.  (KI-02)

Tinggalkan Komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Destinasi