Connect with us

Lingkungan

OFI Kampanye Perlindungan Hutan dan Orangutan ke Sekolah di Seruyan

BUPATI SERUYAN Yulhaidir, Wakil Bupati Hj Iswanti menerima kunjungan Orangutan Foundation International (OFI) melalui Direktur Kampanye OFI, Dorprawati Siburian, di Kantor Bupati Seruyan, Selasa (11/6/2019). OFI berterimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati yang mendukung penuh kegiatan OFI di Seruyan. Foto | Kalteng Independen

KUALA PEMBUANG – Tahun ini, Orangutan Foundation International (OFI) akan menggelar ekspos di Kabupaten Seruyan. Salah satunya melalui kampanye perlindungan hutan dan orangutan kepada generasi muda di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah.

“Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) juga punya Seruyan yang selama ini belum terekspos secara maksimal ke publik. Oleh karena itu, supaya generasi muda juga bisa menjaga hutan di Seruyan, kita akan melaksanakan kampanye orangutan ke semua sekolah yang ada di Kabupaten Seruyan khususnya yang ada di Kecamatan Hanau dan wilayah Telaga Pulang Kecamatan Danau Sembuluh bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik),” kata Direktur Kampanye OFI, Dorprawati Siburian kepada media, Selasa (11/6/2019).

Seperti diketahui 90 persen populasi orangutan berada di Indonesia, 10 persen sisanya berada di Serawak dan Sabah Malaysia. Populasi terbanyak orangutan berada di kawasan hutan lindung TNTP yang 40 persen diantaranya berada di wilayah Kabupaten Seruyan dan 60 di wilayah Kotawaringin Barat (Kobar). Secara keseluruhan, saat ini populasi orangutan di TNTP mencapai 7 ribu ekor lebih.

Selain itu, kampanye tersebut diakui sebagai langkah awal OFI untuk membuka akses wisata ke kawasan penangkaran orangutan ke publik yang diakui saat ini masih terkonsentrasi di Kobar. Padahal 40 persen areal TNTP berada di Kabupaten Seruyan.

Tujuan dari kampanye juga dimaksudkan untuk membentuk karakter dan penyadartahuan generasi muda tentang lingkungan dan orangutan. Karena orangutan di Seruyan merupakan aset berharga yang harus diketahui oleh generasi muda.

Melalui kampanye katanya, OFI bekerjasama Pemkab Seruyan akan mengedukasi pelajar di sekolah-sekolah untuk menjaga lingkungannya dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan melakukan penanaman pohon.

Kampanye, kata wanita yang akrab disapa Bu Dora ini, akan dilaksanakan mulai tingkat SD, SMP hingga SMA/sederajat.

“Karena, tidak menutup kemungkinan perkembangan kehidupan orangutan tidak diketahui oleh generasi muda. Bagaimana orangutan itu bisa tetap hidup di Seruyan tidak terlepas dari jasanya ibu Prof Birute Mary Galdikas,” ujarnya. Prof Birute Mary Galdikas adalah founder Orangutan Foundation International/OFI.

Melalui kampanye tersebut, pihaknya juga akan memberikan pemahaman tentang sejarah orangutan kenapa harus dilindungi, siapa penelitinya, apa saja fungsi hutan dan mengapa harus dilestarikan serta apa saja manfaatnya untuk kehidupan manusia.

BUPATI SERUYAN Yulhaidir, Wakil Bupati Hj Iswanti, Kepala Dinas Pendidikan Masrohim, Kepala Bagian Protokol Esdi, menerima Direktur Kampanye OFI, Dorprawati Siburian di Kantor Bupati Seruyan, Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah, Selasa (11/6/2019). Foto | Kalteng Independen

“Seruyan ini target kita yang kedua diantara 14 Kabupaten/kota se Kalimantan Tengah, ini juga menjadi perhatian khusus Prof Birute, beliau menginginkan harus segera kampanye di Seruyan,” katanya lagi.

OFI meyakini dengan kepemimpinan Bupati Yulhaidir dan Wakil Bupati Iswanti yang mendukung penuh program tersebut, Seruyan bisa menjaga hutan tetap lestari dan orangutan dengan mengembangkannya sebagai tempat wisata.

“Kita berharap agar masyarakat Seruyan juga ikut bertanggungjawab, bersama-sama dalam menjaga hutan dan orangutan, karena itu merupakan aset berharga bagi Kabupaten Seruyan,” jelasnya.Tim KI/KI-02

Tinggalkan Komentar

More in Lingkungan