Connect with us

Destinasi

Pengembangan Pariwisata Sejalan Dengan Penguatan Ekonomi

Lomba membunyikan meriam di acara Festival Danau Sembuluh 2019 di Danau Sembuluh Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Sabtu [14/9/2019] kemarin. Foto | Protokol Setda Seruyan/Kalteng Independen

KUALA PEMBUANG – Pengembangan sektor pariwisata dinilai akan sejalan dengan penguatan perekonomian apabila dikembangkan dan dikelola dengan baik. Hal ini dikatakan Bupati Seruyan Yulhaidir ketika menghadiri sekaligus membuka even kesenian dan kebudayaan yang bertajuk Festival Ethnic Danau Sembuluh di Desa Sembuluh, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah [Kalteng], Sabtu [14/9/2019] kemarin.

BUPATI Seruyan Yulhaidir membunyikan meriam saat membuka lomba membunyikan meriam di acara Festival Danau Sembuluh, Kecamatan Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan, Sabtu [14/9/2019]. Foto | Protokol Setda/ Kalteng Independen

Even yang memeragakan keberagaman kearifan lokal di Sembuluh tersebut meliputi Lomba Layang Hias, Lomba Meanyam Tikar Purun, Lomba Bepupur Putih, Lomba Seribu Meriam, Lomba Menyuar lawuk dan Lomba Mehabu Lawuk.

“Pengembangan pariwisata diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat,” katanya.

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang menjadi perhatian oleh pemerintah daerah. Mengingat banyak hal yang terlibat dalam sektor tersebut, baik itu masyarakat maupun pemerintah daerah.

Masyarakat tentunya adalah roda penggerak yang menjalankan komponen dalam pariwisata, mulai dari lini ekonomi hingga pelestarian budaya yang terdapat di suatu objek wisata.

Pemerintah daerah mengambil peran sebagai promotor yang membantu dalam hal promosi dan mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata, seperti kegiatan kesenian dan kebudayaan.

“Dari aktivitas pengembangan pariwisata tersebut tentunya pemerintah daerah juga mendapat imbas yakni pemasukan daerah berupa pendapatan daerah,” jelasnya.

Orang nomor satu di Bumi Gawi Hatantiring ini menambahkan, kini objek wisata Danau Sembuluh telah menjadi perbincangan di tingkat yang lebih tinggi. Secara Danau Sembuluh merupakan danau terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah.

Sehingga potensi yang untuk pengembangan menjadi lebih terbuka. Ke depan pun kegiatan kepariwisataan bakal lebih ramai dan tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Semakin terkenal pariwisata kita, maka semakin banyak wisatawan yang datang dan ekonomi masyarakat pun akan meningkat pula,” paparnya. Tim KI/KI-02

WAKIL Bupati Hj Iswanti menyemangati peserta lomba Maanyam Tikar Purun di Festival Danau Sembuluh, di Danau Sembuluh Kecamatan Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan, Sabtu [14/7/2019]. Foto | Protokol Setda Seruyan/Kalteng Independen

Tinggalkan Komentar

More in Destinasi