Connect with us

Headline

Proyek Siring di Jalan Desa Basirih Hulu RT 02 Diduga Tidak Sesuai

PROYEK pembangunan siring dan penimbunan jalan Desa Basirih Hulu RT 02, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah. Proyek senilai Rp293 juta ini diduga tidak sesuai RAB dan Spektek. Foto | Kalteng Independen

SAMPIT – Proyek pembuatan siring batu belah dan penimbunan jalan Desa Basirih Hulu RT 02, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah (Kalteng), senilai Rp293 juta diduga tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Spektek (Spesifikasi teknis).

Penelusuran Media ini di lapangan, di beberapa bagian pondasi siring tersebut ada sejumlah titik yang tidak di beri cerucuk kayu galam maupun lantai dasar (Lantai Kerja). Selain itu, campuran semen pengikat di perkirakan tidak sesuai perbandingannya dengan RAB proyek. Sedangkan tanah timbunannya diduga belum sesuai jumlah volume.

Dewi, selaku perencana pekerjaan ketika di konfirmasi tidak dapat menjelaskan sejumlah temuan janggal tersebut. Menurutnya, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan media ini merupakan rahasia.

“Saya minta waktu dan tidak dapat menjelaskan secara detail kegiatan tersebut dan itu rahasia,” katanya.

Terpisah, Kades Basirih Hulu Kustianur ketika coba dikonfirmasi beberapakali tidak berhasil di temui.

Penuturan warga di sekitar lokasi pekerjaan proyek, pihaknya telah beberapa kali menyampaikan keluhan terkait proyek tersebut, namun tidak ditanggapi.

“Kami orang awam berdasarkan pengalaman dan juga material yang di pakai, tidak sebesar itu untuk proyek sepanjang 250 meter dengan dimensi yang ada pada plang kegiata,” ujar Udin (43) warga sekitar yang meminta namanya disamarkan.

Pihaknya menduga ada unsur Mark up (Penggelembungan) yang ujungnya menggerogoti anggaran Desa.

Warga katanya, sudah bertekad tidak akan mendukung lagi Kades Kustianur untuk memimpin ke dua kalinya nanti.

“Buat apa memilih pemimpin seperti itu lagi,sudah banyak penyimpangan yang di lakukan,” paparnya. Tim KI/KI-01

Tinggalkan Komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Headline