Connect with us

Seruyan

Uji Sampel Minyak, PT MPI Akan Lakukan Pengeboran 8 Titik di Seruyan

SURVEYOR eksplorasi membawa alat perekam sedang melintasi wilayah Trans Unit IV Desa Mekar Indah, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, beberapa tahun lalu. Foto | Dokumen/Kalteng Independen

KUALA PEMBUANG – Dalam waktu dekat, perusahaan pertambangan minyak Kontraktor Kerjasama (KKS) Pemerintah Indonesia, PT Mentari Pembuang Internasional [MPI] akan melakukan pengeboran di delapan titik sempel minyak di Kabupaten Seruyan.

Pengeboran dengan kedalaman 1.200 meter tersebut akan berlangsung di tahun 2019 ini, fokus utama kegiatan itu berada di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

Kapala Badan Lingkungan Hidup [BLH] Priyo Widagdo [4/7/2019] mengatakan, delapan titik tersebut berada di kecamatan Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur hingga kecamatan Danau Sembuluh.

“Tujuan pengeboran itu untuk mengetahui cadangan minyaknya, ada berapa banyak sih ketersediannya? layak nggak?.” katanya.

Priyo menambahkan, awalnya, MPI akan mengambil sampel di 16 titik, namun yang disetujui Pemkab Seruyan hanya delapan titik. Alasannya, ada beberapa titik pengeboran berada di kawasan Hutan Produksi [HP].

Dia menjelaskan, kekhawatiran pengerboran dengan kedalaman 1.200 meter tersebut, PT MPI berkomitmen tidak akan melepas pipa bor, setelah pemboran dan akan dilakukan pentupan kembali dengan cor beton hingga kedalaman 50 meter kebawah.

“Seteleh pengeboran itu, pipanya tidak akan dilepas untuk mengindari pencemaran lingkungan dan akan di tutup kembali dengan cor beton di kedalaman 50 meter dan 5 tahun kemudian baru dibuka setelah analisa mareka keluar,” ungkapnya.

“Mereka [PT MPI] juga siap bertanggung jawab apabila ada permasalahan dilapangan,” terangnya.

Diketahui, PT MPI merupakan Kontraktor Kerjasama [KKS] Minyak dan Gas [Migas] dengan Pemerintah Indonesia. PT MPI mengantongi Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan [IPPKH] pada 19 September 2013. Selain itu PT MPI juga telah mengantongi rekomendasi pinjam pakai kawasan hutan  dari Gubernur Kalteng 7 November 2013.  Perpanjangan ijin seismic 2D dari Bupati 10 juli 2014, memperoleh IPPKH SK 683 tahun 2014 seluas 6.438 hektar. PT MPI berstatus Kontraktor Kerjasama [KKS] bagi hasil dengan Pemerintahan RI. Tim KI/KI-02

Tinggalkan Komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Seruyan